PROUD TO BE AN INDONESIAN MATHEMATICIAN!

PROUD TO BE AN INDONESIAN MATHEMATICIAN!

Awal Mula Menjadi Mahasiswa Matematika


Sejarah merupakan bagian terpenting dari kehidupan seseorang. Konon katanya, jangan melupakan sejarah. Sejarah akan membuat seseorang tidak mudah lupa akan "kulit"nya. Kali ini, saya akan sedikit sharing mengapa dan bagaimana saya bisa menjadi seorang mahasiswa Matematika.
Saya menjadi mengerti bagaimana penyertaan Tuhan didalam setiap bagian dari hidup saya :)

Dulu sebenarnya goal awal saya adalah menjadi seorang mahasiswa Kedokteran. Saya pengeeenn banget jadi mahasiswa FK (Fakultas Kedokteran), karena saya punya cita-cita untuk bisa menjadi seorang dokter bagi mereka yang punya perekonomian rendah yang butuh dijangkau. Singkat cerita, pada kenyataannya saya tidak diterima sebagai mahasiwa FK, tetapi saya diterima di S1 Matematika Universitas Airlangga (Unair), Surabaya. Mengapa saya waktu itu memilih Matematika sebagai pilihan kedua? Itu karena saya ingin menjadikan jurusan itu sebagia "batu loncatan" agar tahun depan saya bisa ikut seleksi PTN lagi untuk masuk FK. "Batu loncatan" itu artinya saya bisa belajar lebih mendalam mengenai MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) Dasar yang saya pelajari di Semester 1 dan 2, sehingga waktu test saya bisa mengerjakan. Itu rencana awal saya.
Saya terus BERJUANG SAMPAI TITIK DARAH PENGHABISAN agar bisa menjadi seorang mahasiswa FK, bahkan saya ikut SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN) sampai kesempatan saya yang ke-3 di tahun kedua kuliah Matematika saya (kesempatan terakhir saya), tetapi ujung-ujungnya TETAP TIDAK DITERIMA :((( Sedih memang. Rasanya ketika suatu goal tidak terwujud itu membuat saya hampir down, mengingat begitu banyak orang yang meremehkan jurusan Matematika murni ini...
Tetapi, apa daya? Saya pikir itu semua kehendak Tuhan.
Sebenarnya pula, saya juga tidak terlalu sedih, karena SEDIKIT DEMI SEDIKIT saya mulai MENYUKAI Matematika.

Ketika saya mulai menyukai Matematika, disitulah TITIK BALIK kehidupan saya yang semula frustasi gara-gara ditolak sebagai mahasiswa FK.  Saya mulai merasakan estetika dari belajar Matematika itu sendiri setelah saya masuk Matematika. Padahal, nilai Matematika sekolah saya dulu terbilang sangat pas-pasan. Bahkan cenderung setara dengan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), namun saya tidak pernah menyerah. Saya selalu berjuang untuk meraih yang terbaik. Setelah saya kuliah di jurusan Matematika, memang segala sesuatunya tidak berjalan lancar begitu saja. Banyak tantangan-tantangan yang saya hadapi, karena memang bisa dikatakan saya bukan seseorang dari background Matematika yang mahir.
Namun, saya yang pantang menyerah tidak pernah berhenti untuk belajar dan terus belajar, sehingga akademis saya di jurusan ini terbilang cukup lumayan  (wkwk, nggak berani bilang bagus juga, karena kalo dibilang bagus juga nggak terlalu, hehe). Hanya saja, banyak hal yang harus saya perbaiki di jurusan Matematika ini dikarenakan kondisi psikis saya yang hampir down karena tidak mendapatkan apa yang menjadi goal saya sebelumnya. Tetapi tak apalah. Saatnya menatap masa depan.
Kini saya bisa menikmati sepenuhnya kuliah saya. Saya menjadi tahu bahwa Matematika bukan hanya sekadar berhitung, tetapi LEBIH DARI SEKADAR berhitung.
Matematika itu unik. Sangat unik bahkan. Bagi kalian yang menyangka bahwa kuliah Matematika itu hanya hitung-hitungan saja (sehingga banyak orang lebih memilih jurusan Teknik, karena katanya kalo anak Teknik juga 'pasti' bisa Matematika, jadi nggak perlu jadi mahasiswa Matematika), kalian SALAAAHH BESAAR!!! Hahaha... Matematika di jurusan Matematika sangat berbeda aliran dengan Matematika di jurusan-jurusan lainnya. Matematika yang ada di jurusan Matematika memang BENAR-BENAR Matematika. Hahahahaha...
Justru hampir 80% kuliah di Matematika sebenarnya bukan fokus berhitung wkwkwk.
Tapi sabar dulu... Saya belum akan menjelaskannya disini... Terlalu dini untuk dijelaskan saat ini wkwkwk

Semuanya akan saya ULAS DI BLOG INI SELENGKAP-LENGKAPNYA.
Buat kalian yang pengen banget, ngebet banget jadi mahasiswa Matematika, INI BLOGNYA!!
Saya juga akan mensharingkan seluruh informasi terkait program studi S1 Matematika Universitas Airlangga, Surabaya.
Grab the real Mathematics here!


Tunggu yaa postingan-postingan saya berikutnya..
Jangan malu berkomentar apabila ada hal yang ditanyakan seputar jurusan Matematika.
Semoga saya sempat menjawabnya hahaha (kalau saya sedang tidak sibuk kuliah hehe)

SALAM MATEMATIKA !

7 komentar:

  1. keren critanya..mana lanjutan pos nya ttg detil jurusan matematika? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Lokavidu.. Hehe, iya ini sedang saya kembangkan lg ttg detail jurusan Matematikanya. Mari dibaca posting saya yg lain di blog ini. Hehe :)

      Hapus
  2. Ditunggu blog blog ttg jurusan matematika selanjutnya ya kakkk! Ehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh iyaa nihhh maaf ya mimin lagi sibuk skripsi waktu itu!!! hehe. tapi sekarang saya sudah lulus hehe jadi bisa mengembangkan blog ini
      SEMANGAT MEMBACA !!!

      Hapus
  3. Ditunggu blog blog ttg jurusan matematika selanjutnya ya kakkk! Ehehehe

    BalasHapus
  4. Cotto matte, Cotto matte. Kak, artikelnya tentang rincian jurusan matematika murni dipercepat ea. Terutama hal-hal yang di dalami, terus prospeknya. Manusia tetap butuh kesejahteraan ea.

    BalasHapus
  5. Kak ceritain dong apa yg sebenarnya di pelajarin di jurusan matematika murni.. Smpai kk bilang 80%.cpet2 di share ya kak,, aku tunggu!! 😊

    BalasHapus