PROUD TO BE AN INDONESIAN MATHEMATICIAN!

PROUD TO BE AN INDONESIAN MATHEMATICIAN!

Matematika vs Pendidikan Matematika


Nah... Saya sudah sharing-kan sedikit pengalaman saya mengenai mengapa dan bagaimana saya menjadi seorang mahasiswa Matematika.
Lalu sekarang, saya akan mensharingkan hal penting yang tak jarang menjadi kebingungan dari para siswa, yaitu : Apa bedanya antara jurusan Matematika dengan Pendidikan Matematika?

Tentu saja, kedua jurusan tersebut bisa dibilang “Serupa tapi Tak Sama”. Hehehehe... Ada perbedaan diantara kedua jurusan tersebut walaupun kedua-duanya mengkaji ilmu yang sama, yaitu ilmu matematika.

Perbedaan 1 : Nama Jurusan
Nah, ini merupakan suatu perbedaan yang paling mendasar. Jelas kalian tahu bahwa yang membedakan jurusan Matematika dengan Pendidikan Matematika adalah terdapat embel-embel “Pendidikan” didepannya pada jurusan yang serupa tapi tak sama tersebut.
“Pendidikan Matematika” jelas berfokus kepada ilmu Matematika untuk proses pendidikan, sedangkan “Matematika” mengacu kepada jurusan Matematika “murni”. Meskipun tak menutup kemungkinan bahwa seorang lulusan Matematika “murni” dapat berpartisipasi dalam bidang pendidikan (sekolah), namun yang lebih berpengalaman dan jauh lebih tahu terkait hal-hal yang berbau pendidikan sekolah tentu adalah seorang lulusan Pendidikan Matematika.

Perbedaan 2 : Gelar Lulusan
Gelar lulusan juga sangat kontras membedakan seorang lulusan Pendidikan Matematika dengan seorang lulusan Matematika.
Lulusan Pendidikan Matematika bergelar S.Pd. (Sarjana Pendidikan), sedangkan lulusan Matematika (umumnya) bergelar S.Si. (Sarjana Sains) atau ada beberapa perguruan tinggi yang memberikan gelar S.Mat. (Sarjana Matematika).

Perbedaan 3 : Bidang Pekerjaan
Seorang lulusan Pendidikan Matematika memang dipersiapkan untuk menjadi tenaga pengajar (guru) ditingkat sekolah menengah (baik itu SMP maupun SMA), sementara seorang lulusan Matematika dipersiapkan untuk menjadi seorang matematikawan (mathematician) atau ilmuwan bidang Matematika. Tentu saja, kedua-duanya juga bisa meraih pekerjaan sebagai dosen di jurusannya masing-masing. Dalam hal ini, tentu lulusan Pendidikan Matematika jauh lebih memahami perihal bagaimana mengajarkan Matematika kepada siswa-siswi sekolah menengah dan seorang matematikawan (lulusan Matematika murni) dituntut untuk melakukan pengembangan keilmuan sesuai bidang minatnya di jurusan Matematika.
Pada blog ini, saya hanya akan mengulas mengenai hal-hal yang terkait pada Matematika murni karena itulah bidang yang saya tekuni saat ini.   

Nah, itu sedikit perbedaan yang bisa saya share terkait jurusan Matematika dan Pendidikan Matematika.
Lalu, lebih bagus yang mana???
Kalau itu, tergantung dari motivasi kita masing-masing. Baik Pendidikan Matematika maupun Matematika juga sama-sama baik. Lalu,  kita mau jadi apa? Apa yang ingin kita tekuni?
Jika kalian memiliki cita-cita mulia untuk menjadi seorang guru Matematika yang handal, maka masuklah ke jurusan Pendidikan Matematika.
Namun jika kalian ingin menjadi seorang matematikawan hebat yang ingin mengembangkan keilmuan Matematika, maka masuklah ke jurusan Matematika.
Kedua-duanya sama-sama luar biasa! Kedua-duanya sama-sama membanggakan!

Yuk, pilih yuk ... J J J

69 komentar:

  1. bang boleh nanya yaaa
    kalo masuk matematika murni apakah bisa kita menjadi tenaga kerja (guru) atau semacamnya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa lulusan matematika murni bisa jadi dosen atau guru

      Hapus
    2. Halo permana. Lulusan matematika bisa jadi guru kok :) Matematika murni luas dalam segala bidang, mau jadi apapun bisa. Syaratnya satu, benar2 menguasai ilmu matematikanya dlm berbagai penerapan.

      Hapus
    3. Tapi kata guru saya untuk tahun 2020 sampai seterusnya jurusan yang murni seperti matematika murni, fisika murni dan sebagainya tidak bisa lagi jadi seorang guru, tapi kalau untuk dosen tidak menutup kemungkinan. Jadi saya mau nanya dimana saja matematikan bekerja soalnya saya kurang paham mengenai prospek kerja matematika murni, apakah hanya sebagai matematikawan saja?

      Hapus
    4. Masih bisa kok kak matematika murni fisika murni kimia murni kalau ingin jadi guru asalkan mengambil program profesi guru dulu selama satu tahun

      Hapus
    5. Maksudnya mengambil program profesi guru itu gimana ya? Apakah kita mengulang mendaftar lagi untuk mendapatkan gela S.Pd itu?
      Mohon dijawab Min

      Hapus
  2. kak kalo lulusan pendidikan itu selain jadi guru atau dosen, bisa jadi apalagi ya? apa cuma sekitar ngajar doang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Bisa jadi pengembang ilmu matematika di bidang pendidikannya. Asalkan mau belajar, bisa apapun kok :) Menemukan metode pengajaran yg pas utk Matematika skolah itu jg penting lhooo

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Halo kak, kalo mau jadi dosen tapi ngambil jurusan matematika bisa gak, caranya gimana?bener gk sih harus kuliah lg setahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo.. Semua jurusan pasti bisa jadi dosen :)
      Tetap harus kuliah S2 ya sbg syarat utama menjadi dosen hehe

      Hapus
  4. Bang,,apa perbedanya jurusan mipa matematika dengan matematika ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Nama umum dari jurusan Matematika murni di Indonesia adalah Matematika atau bisa disebut Matematika MIPA. Istilah "Matematika MIPA" digunakan untuk membedakan Matematika (Sarjana Sains/S.Si.) dengan Pendidikan Matematika (Sarjana Pendidikan/S.Pd.)

      Hapus
  5. jadi apa bedanya S.Mat dan S.si...jika memang sama, kenapa ada matematika dan matematika MIPA...???
    Mohon pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Nama umum dari jurusan Matematika murni di Indonesia adalah Matematika atau bisa disebut Matematika MIPA. Istilah "Matematika MIPA" digunakan untuk membedakan Matematika (Sarjana Sains/S.Si.) dengan Pendidikan Matematika (Sarjana Pendidikan/S.Pd.)
      Umumnya, gelar dari jurusan Matematika adalah Sarjana Sains. Tetapi ada perguruan tinggi seperti IPB yang memberikan gelar S.Mat.

      Hapus
  6. Kalau dalam CPNS hanya ditulis matematika, itu apa yg dimaksud?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo :)
      Kalau dalam CPNS hanya ditulis Matematika saja, itu artinya mengacu kepada Matematika MIPA ya (Sarjana Sains/S.Si.)

      Hapus
    2. Mau tanya, kalau jurusan matematika murnj bisa ya kak jadi pns?

      Hapus
  7. kalau ngambil pendidikan matematika, kita bisa ga jadi dosen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo.
      Semua jurusan bisa jadi dosen, asal harus kuliah S2 ya.
      Pendidikan Matematika bisa masuk S2 Pendidikan Matematika atau S2 Matematika.

      Hapus
    2. Mo tanya kak. Saya lulusan s1 matematika murni (S. mat) . Saya ingin lanjut s2 tp ambil jurusan magister pendidikan matematika ataw M.pd. kira2 bisa jdi dosen gk kak?

      Hapus
    3. Bisa kak, Dosen saya ada yang s1 matematika murni (S.Si) kemudian s2 nya magister (M.Pd)

      Hapus
  8. Bagaimna prospek kerja matematika murni di daerah ntb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo :)
      Kalo untuk kerja pastinya matematika murni itu bergantung pada konsentrasi apa yang Anda ambil

      Hapus
  9. Kalau kita jurusan matematika murni, jika ikut tes CPNS apakah bisa dan akan berkerja dimana?

    BalasHapus
  10. Kalau kita jurusan matematika murni, jika ikut tes CPNS apakah bisa dan akan berkerja dimana?

    BalasHapus
  11. Min, gimana jadinya kalo mau jadi guru privat mtk? Harus ngambil pendidikan matematika? Tapi saya juga pengen daleman ilmu matematika? Mana yg saya harus pilih min? Pencerahannya dong tolong, apa di pendidikan matematika juga diajarin tentang apa yg dipelajarin di jurusan matematika tetapi cuma di tambah cara pengajarannya ke siswa bagaimana? Tolong jawab ya min. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo dek :)
      Jikalau hanya untuk keperluan pengajaran secara privat (bukan sekolah formal), bisa dipertimbangkan jurusan Matematika murni, dengan konsep yang memang lebih mendalam dan kompleks. Hanya tidak ada materi cara mengajarkan.
      Tetapi saya kira mengajar itu bisa dilakukan siapapun ya asal kita punya pemahaman yang komprehensif dan bukan sekadar hafalan.

      Hehe, itu jawaban saya sbg lulusan matematika murni ya.
      Di matematika murni memang saya memilih konsenterasi matematika komputer, tapi secara teori matematik jelas saya mengerti dan bisa menguasai materi SD-SMA.

      Hapus
  12. Halo kak..
    Saya mau nanya apa suka dukanya kuliah mengambil jurusan matematika?
    Trus kalo ngambil jurusan matematika itu belajarnya apa saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo :)
      Wah banyak ya suka-dukanya
      Belajar apa aja?
      Tunggu artikel selanjutnya ya:)

      Hapus
  13. Mau nanya kak...
    Kalo menjadi Dosen Matematika itu susah tidak kak?
    Maksudnya dari sisi persaingan dan peluang bagaimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo :)
      Tidak ada yg sulit selama itu panggilanmu utk menjadi dosen ya.
      Nanti di jurusan Matematika kamu akan diperhadapkan dengan bidang keahlian. Contoh, saya di Matematika UNAIR mengambil bidang keahlian Komputasi.
      Nah, kalau kamu nantinya ingin menjadi dosen di keahlian Komputasi, maka nanti kamu bisa mengambil S2 Matematika peminatan komputasi atau bahkan bisa berkuliah S2 Ilmu Komputer atau S2 Teknik Informatika, karena Komputasi merupakan matematika terapan pada komputer.

      Jadi semua itu bisa, asalkan sesuai dengan minatmu dan tentu bergantung dari kapasitas dosen per bidang keahlian yang dibutuhkan oleh kampus.

      Saran: Jikalau memang berminat banget jadi dosen, mantapkan bidang keahlian apa yang mau kamu tekuni semenjak S1 Matematika, sehingga nanti S2mu juga se-peminatan dengan S1-mu dan kamu menjadi benar-benar ahli/expert di bidangmu.
      Terima kasih.

      Hapus
  14. hallo kak minta sarannya dong
    menurut kakak kalo misal s1 jurusan pendidikan matematika baiknya s2 ambil pendidikan matematika atau matematika murni? terima kasih

    BalasHapus
  15. Kalau mengambil jurusan matematika murni. Terus ngak ngambil S2, kerjaan yang pasti apaan kak?
    Terus kalau ngambil S2, jurusan-jurusan apa saja? Lalu kerjaan setiap jurusan seperti apaan?
    Saya mau ngambil jurusan matematika murni, tapi kurang tahu prospek kerjanya nanti.

    BalasHapus
  16. Numpang, yang mau mempermudah milih jurusan
    Http://youthmanual.com/rr/391848384
    Gratis.

    BalasHapus
  17. sslamat malam mas. saya lalu prasatya mahasiswa matematika universitas terbuka. sy baru semester 1. bolehkah saya berguru sama mas? banyak yg ingin sy tanya tentang matkul yg ads hehe. terimakasih. email sy prasatyalalu@gmail.com . terimakasih

    BalasHapus
  18. Maaf mau Tanya saya kan mau ambil mipa matematika nanti magangnya bisa jadi guru apa gimana ya soalnya saya ingin jadi guru ,makasih

    BalasHapus
  19. Kak, kalau s1 pendidikan matematika mau jadi dosen matematika murni bisa tidak ya? Lanjut s2 nya pendidikan matematika atau matematika murni?

    BalasHapus
  20. Kak, aku kan dri sekolah SMK dengan jurusan kecantikan, jika kuliah aku ambil jurusan matematika apakah peluang untuk masuk ada kak? Sebab aku SMK bukan SMA, dan jurusan aku jg trllu jauh perbandingan ny dengan matematika.

    BalasHapus
  21. Ka kalau pendidikan matematika bisa ga kerja jadi kantoran misal statistik gitu?

    BalasHapus
  22. Kak kalo ambil S1 matematika sains S2 nya pendidikan matematika. Nanti gelarnya jadi apa ya kak ?

    BalasHapus
  23. Kak ada kemungkinan gk kalau yg jurusan matematika itu bisa jadi guru matematika k ... apa harus ada tahapnya lg untuk jd guru matatikanya kak

    BalasHapus
  24. Kak ada kemungkinan gk kalau yg jurusan matematika itu bisa jadi guru matematika k ... apa harus ada tahapnya lg untuk jd guru matatikanya kak

    BalasHapus
  25. kak apakah jurusan matematika maupun pendidikan matematika ada kemungkinan untuk menjadi pegawai bank atau yang lainnya selain jadi pengajar menengah kak?

    BalasHapus
  26. Kak bisa ga kalo aku jurusan Ips ngambil pendidikan matematika ?

    BalasHapus
  27. makasih kak infonya,sangat membantu

    BalasHapus
  28. La tadi di atas sudah di jelaskan bahwa jurusan matematika akan melakukan pengembangan keilmuan, untuk pekerjaannya contohnya apa saja karena? Terimakasih

    BalasHapus
  29. Hai mind. Aku mau nanya aku thun ini insaallah lulus sarjana pendidikan matematika.. tapi aku bingung mau lanjut s2 nya pendidikan matematika atau matematika murni. Kira-kira kalo aku lanjut s2 matematika murni linier gk untuk jadi dosen?? Makasih

    BalasHapus
  30. Hai....
    Aku manu nanya kalau lulusan matematika atau pendidikan matematika bisa ngajar di SD tidak?

    BalasHapus
  31. Hai kak..
    Saya minta tolong nih ...prospek kerja matematika murni contohnya apa ya kak? Lagi bingung milih jurusan pendidikan matematika atau matematika murni?

    BalasHapus
  32. Kak mau Nanya kalau s1 pendidikan matematika bisa nggak nggambil s2 nya matematika murni. Mohon dijawab kak.

    BalasHapus
  33. hai ka, luasa prospek kerja untuk pend mat atau mat murni ya ka? apa bisa jika kita ambil pendidikan matematika tetapi mau melamar kerja di kantoran?

    BalasHapus
  34. Kak,kalo boleh tau kaka sekarang sudah kerja dimana dan sebagai apa ka?

    BalasHapus
  35. Hallo kk, mau nanya, saya kan ambil s1 pendidikan matematika, nah truss s2 nya bisa ambil jurusan apaa aja kk?
    Terima kasih

    BalasHapus
  36. Kak, misal S-1 ambil FMIPA Matematika. S-2 nya Pendidikan Matematika, jadi gelarnya S.Si,M.Pd kah ?

    Dan, misal ambil S-1 FMIPA, misal kita kerja menjadi guru di sekolah negeri, jika ada tes PNS, katanya harus yang dari FKIP ya ?

    BalasHapus
  37. Kak,mahasiswa lulusan matematika murni kalo mau jadi guru ada bimbingan terlebih dahulu gk kk? Atau langsung aja, atau gmna kk?

    BalasHapus
  38. kak kalau dari jurusan teknik misalkan teknik elektro s1 nya dan mau ambil s2 pendidikan matematika susah tidak ya?

    BalasHapus
  39. Kak, kalau S1 mengambil pendidikan matematika kemudian saat S2 nya mengambil matematika MIPA, apakah bisa?

    BalasHapus
  40. Kak S1 Matematika murni bisa jdi pns ngga kak? Mohon bantuannya kak

    BalasHapus
  41. Kak, apa perbedaan Pascasarjana konsentrasi matematika sekolah dgn konsentrasi matematika perguruan tinggi?

    BalasHapus
  42. kak,misalnya mau jadi dosen matematika, ambil jurusan matematika murni/pendidikan matematika?

    BalasHapus
  43. Kak, kalo s1 jurusan matematika bisa jadi guru ga?

    BalasHapus
  44. Kak, kalo s1 jurusan matematika bisa jadi guru ga?

    BalasHapus
  45. Izin bertanya kalau kita tidak terlalu pintar dalam matematika tetapi unggul dalam hitungan kira" Masuk yang mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo cuma unggul hitungan dlm bentuk angka mending jangan masuk matematika, krna kuliah matematika yg dihitung bukan cuma angka, tp diperlukan analisis juga. Sepengalaman saya diatas semester 3 sudah tidak ada hitung2an lagi wkwk

      Hapus